Rabu, 31 Januari 2018

Mengenal, Memahami Dan Menerapkan Hadist Tentang Sedekah

Islam diturunkan oleh Allah SWT melalui para nabi-Nya dengan isi yang sangat lengkap. Termasuk juga permasalahan tentang sedekah, pastinya sudah diatur sedemikian rupa baik dari ayat Al-Qur’annya atau hadist tentang sedekah. Penjelasan selanjutnya silahkan cek di bawah sini ya.

Mengenal dan Memahami Arti Sedekah 



Sering kita mendengar istilah sedekah. Sedekah, atau dalam bahasa arab disebut “shodaqoh” adalah pemberian muslim atau orang islam kepada orang lain secara sukarela. Pemberian tidak harus harta benda, tetapi dapat berupa apa saja, seperti amal perbuatan baik. Contohnya dalam sebuah hadits Rasullah bersabda yang artinya

"Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu." (HR Tirmidzi)

Bahkan dengan perbuatan sederhana seperti senyum saja, sudah dianggap sedekah. Perbuatan itu sungguhlah mulia. Sedekah juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita. Manfaatnya tertera dalam dalil-dalil tentang perintah bersedekah.

Ayat Al Qur’an dan Hadist Tentang Sedekah dan Penerapannya

Dalil-dalil yang memerintahkan umat islam untuk bersedekah terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadits. Dalil menjadi hal yang sangat penting, karena beramal tanpa ilmu dapat membawa keburukan dan kesesatan. Ditakutkan malah akan menjadi bid’ah. Maka dari itu, dibawah sini dijabarkan beberapa ayat Al-Qur’an tentang keutamaan sedekah beserta haditsnya. Berikut yang akan dijabarkan adalah ayatnya:



1. Ayat Sedekah 1 Dibalas 10

Ayat ini berisi tentang sedekah yang dinafkahkan di jalan Allah akan dilipatgandakan oleh-Nya. Melipatgandakannya pun tidak hanya 10, bisa sampai 700 kali lipat. Jadi banyak-banyaklah bersedekah agar mendapat ganjaran dari Allah SWT. Firman Allah SWT yang artinya,

"Perumpamaan (nafkah yang di keluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, pada tiap-tiap bulir 100 biji. Allah melipat gandakan ganjaran bagi siapa yang dia kehendaki. dan Allah maha luas karunianya lagi maha mengetahui" (QS Al Baqarah ayat 261)

Perlu diingat bahwa tidak hanya kekayaan yang akan dilipatgandakan, tetapi juga hal-hal lain yang berkaitan dengan rizqi masing-masing. Insyaa Allah.

2. Sedekah Dapat Melipatgandakan Pahala

Sedekah juga dapat melipatgandakan pahala, seperti Firman Allah SWT yang artinya,

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan di lipatgandakan pahalanya kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak." (QS Al Hadid ayat 18)

Selain ayat-ayat Al-Qur’an, terdapat juga hadists hadits yang menjelaskan tentang sedekah. Ga, anda bisa melihat kumpulan hadits-hadits tentang keutamaan sedekah. Berikut adalah haditsnya:

1. Sedekah Menolak Bala Dan Memanjangkan Umur

Ternyata sedekah dapat menolak bala. Rasullullah bersabda yang artinya,

"Shodakoh itu menutup 70 pintu kejahatan" ( HR Thabrani)

Selain itu, sedekah juga dapat memanjangkan umur dan mencegah kematian yang buruk. Rasullullah bersabda yang artinya

"Sesungguhnya sedekah orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su'ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri" (HR Thabrani)

2. Sedekah Menambah Harta dan Membawa Keberkahan

Anda harus semakin semangat dalam bersedekah, karena sedekah tidak akan mengurangi harta. Rasulullah SAW bersabda yang artinya

"Sedekah tidaklah mengurangi harta" (HR Muslim)

Dan hal yang paling penting, bahwa sedekah juga membawa keberkahan pada harta yang dititipkan pada kita. Berkah dari Allah SWT adalah kenikmatan yang luar biasa yang diberikan oleh-Nya. Rasulullah SAW bersabda,

"Harta tidak akan berkurang dengan bersedekah. dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaaan baginya" (HR Muslim)

Selain dalil di atas, masih banyak lagi dalil yang menyatakan perintah bersedekah, dari mulai ayat Al-Qur’an dan juga hadist tentang sedekah. Semoga dengan pengetahuan ini, semakin memantapkan pemahaman serta pengamalan sedekah kita. Insyaa Allah dengan niat hanya kepada-Nya, amal kebaikan kita akan diterima. Aamiin.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon