Senin, 29 Januari 2018

Prinsip Aqidah Islam Adalah Percaya

Menurut bahasa, aqidah islam adalah kepercayaan yang kuat tanpa ada keraguan sedikitpun di dalamnya. Aqidah juga bisa disebut sebagai iman atau percaya. Manusia yang mempunyai aqidah teguh tidak akan pernah mudah tergoyah imannya. Sehingga dalam agama islam, aqidah sangat diperlukan agar tidak terjerumus kepada hal yang dilarang oleh agama.

Islam merupakan satu-satunya agama yang diridhai Allah SWT dan menjadi penyempurna dari aqidah agama sebelumnya. Hal ini berarti aqidah islam adalah keyakinan yang paling benar yang akan membawa umat manusia pada jalan yang lurus untuk menuju kebahagiaan yang abadi. Dalam prakteknya, aqidah dapat mengambil contoh perilaku dan kegiatan Nabi Muhammad saw yang disebut dengan sunnah rasul.


Prinsip-prinsip Aqidah

1. Berserah diri kepada Allah

Semua yang ada di muka bumi ini baik itu air, tanah, hutan, tumbuhan, manusia dan makhluk yang lainnya adalah kepunyaan Allah SWT. Sehingga kita sebagai manusia diberikan tugas untuk menjadi khalifah di muka bumi yang selalu taat akan perintah Allah dan memegang teguh tauhid. Oleh sebab itu, definisi tauhid adalah berserah diri kepada Allah dengan iman atau tauhid yang kuat.

2. Menanamkan dasar ketuhanan

Hakikat manusia adalah sebagai hamba Allah SWT. Oleh karena itu sebagai orang tua atau anak, sejak kecil kita harus menanamkan keyakinan akan keberadaan Allah sebagai Tuhan yang memiliki segala sesuatunya. Hal ini merupakan jenis aqidah yang paling mendasar.

3. Tidak mendekati syirik

Syirik adalah perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah dan dilarang di dalam agama islam dengan alasan apapun. Syirik seringkali tidak disadari oleh manusia, mereka mengangkap bahwa perbuatannya benar padahal pada kenyataannya itu masuk ke dalam perbuatan syirik. Sehingga sebagai manusia yang berakal, semestinya kita harus mengetahui dengan benar mana perbuatan yang masuk kategori syirik agar kita terhindar dari perbuatan tersebut.


4. Hindari pikiran yang menyesatkan

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna diantara makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Mengapa demikian? Karena manusia diberikan akal dan pikiran yang terkadang bisa menyesatkan manusia itu sendiri. Oleh karena itu, tujuan aqidah yaitu menghindari pemikiran yang dapat membuat Anda tersesat dari jalan yang diridhai Allah dengan cara mengimbangi pemikiran menggunakan akhlak atau aqidah yang baik menurut islam.

5. Taat kepada Allah

Aqidah islam adalah sebuah ketaatan kepada Allah dengan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi larangannya. Dengan demikian berarti manusia yang berakhlak akan senantiasa taat dengan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah kepadanya.

6. Mengikuti sunnah rasul

Pengertian aqidah dapat berarti mengikuti semua yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw atau disebut juga dengan sunnah rasul. Rasulullah saw selalu melakukan perintah Allah dan menjauhi larangannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita sebagai umat muslim hendaknya selalu mengamalkan apa yang dilakukan oleh Rasulullah saw semasa hidupnya.

Banyak sekali kajian mengenai aqidah yang harus Anda ketahui dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada dasarnya aqidah islam adalah meyakini dan mentaati perintah Allah serta menjahi larangannya.


EmoticonEmoticon