Sabtu, 20 Januari 2018

Pembahasan Mengenai Tulisan Arab Innalillahi

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un di dalam syari’at Islam diucapkan ketika seseorang mengalami musibah, baik itu kecelakaan maupun yang lainnya. Tahukah Anda bagaimana tulisan arab innalillahi wa inna ilaihi raji’un? Mungkin sebagian orang ada yang mengetahui bacaan Arab dari kalimat tersebut, akan tetapi ternyata masih ada beberapa orang yang belum atau tidak mengetahui secara jelas bagaimana tulisan yang benar menurut Bahasa Arab.


Karena ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahui tulisan arab innalillahi wa inna ilaihi raji’un dengan benar, maka sebagai umat Islam Anda diwajibkan untuk menuntut ilmu terutama tentang Bahasa Arab. Mengapa demikian? Karena di dalam kitab suci Al-qur’an menggunakan bahasa Arab yang harus kita pelajari bagaimana cara membacanya. Sama halnya dengan tulisan innalillahi dalam bahasa arab juga harus dipelajari agar Anda mengetahui asal mula dan arti dari perkataan tersebut.

Beberapa Penjelasan Mengenai Tulisan Innalillahi

1. Pengertian Innalillahi wa innal ilaihi raji’un
Innalillahi wa innal ilaihi raji’un meaning diucapkan saat terkena suatu musibah yang berasal dari bahasa arab dan digunakan dalam ajaran agama Islam. Kata innalillahi juga disebut sebagai kalimat tarji atau istirja. Dalam agama Islam, kata innalillahi diucapkan saat seseorang atau bahkan diri kita sendiri ketika mengalami sebuah musibah.



Innalillahiwainnaililaihiraji’un artinya :
“Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan hanya kepada Allah kami kembali”

3. Makna yang terkandung
Ucapan innalillahiwainnailaihiraji’un diucapkan ketika ada seseorang yang mengalami suatu musibah yang menimpanya. Pengucapan tersebut mempunyai tujuan yang untuk selalu mengingatkan bahwa kita adalah milik Allah dan kepada-NYA kita akan kembali. Maksutnya disini, kita tidak diperbolehkan untuk berlagak sombong di atas muka bumi, karena kita adalah milik Allah dan sewaktu-waktu Allah bisa mengambil kita.

4. Hikmah di balik suatu kejadian
Bagi golongan orang yang beriman, suatu musibah pasti menyimpan hikmah dibaliknya yang wajib kita syukuri. Oleh sebab itu, ketika ada tetangga, sahabat atau teman dekat yang terkena musibah hendaklah Anda mengucapkan innalillahi sebagai pengingat bahwa kita adalah milik Allah yang tidak punya daya upaya kecuali Allah SWT berkehendak.

5. Mengajarkan kesabaran
Sabar adalah salah satu perilaku yang akan membuat umat muslim dapat meraih kebahagiaan di dunia maupun akhirat. Karena jika seseorang mengalami suatu musibah atau kejadian dan mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi raji’un serta menjalani kehidupannya dengan rasa sabar, maka Allah akan membalasnya dengan keindahan surga beserta isinya.
6. Kategori musibah
Ada beberapa kategori musibah yang diberikan Allah kepada hambanya. Musibah tersebut berdasarkan cobaan, teguran dan azab. Kategori cobaan yaitu Allah memberikan cobaan kepada seseorang untuk menguji seberapa besar tingkat keimanannya. Musibah teguran diberikan ketika seorang yang beriman melakukan suatu keahatan atau kesalah. Sedangkan musibah azab yaitu cobaan yang ditunjuan bagi seorang yang melakukan dosa besar terhadap Allah SWT. Oleh sebab itu, ucapkanlah innalillahi saat terkena musibah agar iman selalu meningkat.

Untuk mengetahui makna yang terkandung di dalam tulisan Arab Innalillahi wa inna ilaihi raji’un Anda sebaiknya mempelajari tulisan tersebut menggunakan Bahasa Arab ataupun Bahasa Indonesia.


EmoticonEmoticon